Sunday, July 8, 2012

Tips Menata Rumah Minimalis Tipe 21

Rumah Minimalis Tipe 21 merupakan tipe rumah yang relative terjangkau. Selain harganya terjangkau rumah dengan tipe ini sangat banyak peminatnya. Luas bangunan rumah 21 meter persegi, sehingga rumah dengan tipe 21 sangat cocok bagi anda yang ingin tinggal sendiri, pasangan muda yang baru berumah tangga, atau yang sedikit penghuni rumahnya.

Rumah ini bisa dibilang rumah yang mungil, karena rumah tersebut hanya mempunyai beberapa ruangan saja. Ruangan yang terdapat di dalam rumah tipe 21 yaitu: Ruang Tamu, Kamar Tidur, Kamar Mandi, dan Dapur. Akan tetapi anda jangan merasa khawatir karena meskipun rumah tersebut mungil, tapi anda bisa menambah ruangan atau kamar. Karena apabila anda membeli atau kredit rumah di developer perumahan, biasanya ada kelebihan tanah. Dan tanah tersebut bisa kita manfaatkan untuk dibangun ruangan atau kamar. Tapi apabila anda membangun sendiri rumah tersebut dan tidak ada lagi lahan yang kosong, anda bisa mengeliminasi atau membuang ruangan yang tidak perlu atau dengan memberi pembatas/sekat pada ruangan tersebut.

Rumah dengan denah tipe rumah ini memiliki perawatan yang cenderung mudah. Sehingga anda tidak perlu waktu lama untuk membersihkan tiap ruangan karena hanya memiliki beberapa ruangan saja. Karena memiliki beberapa ruangan saja, jadi apabila terjadi kerusakan pada bangunan misalkan genting bocor atau hal yang tidak kita inginkan, bisa cepat terdeteksi. Dan anda bisa focus untuk memperbaiki masalah tersebut.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam menata rumah tipe 21 yaitu:

Anda jangan menumpuk barang sembarangan, selain membuat ruangan sempit ruangan tersebut menjadi terasa pengap. Jadi anda singkirkan barang-barang tersebut dan gunakan barang-barang yang sekiranya anda butuhkan.

Gunakan furniture yang tidak terlalu besar atau sesuaikan dengan besarnya ruangan. Jadi alangkah lebih baiknya gunakan furniture yang multifungsi. Dan gunakan furniture seperlunya saja, untuk menghindari dari penumpukan barang.

Untuk cat rumah, anda bisa gunakan warna cat yang cerah. Anda bisa menggunakan warna cat putih atau pastel, dan berikan sedikit warna cat aksen untuk pemanis ruangan. Dan hindari warna cat yang berwarna gelap. Karena secara psikologis akan membuat ruangan terasa sempit.

Hindari pembatas dinding menggunakan tembok. Apabila anda ingin menambah ruangan dengan memberikan sekat pembatas, hindari pembatas dinding menggunakan tembok. Gunakan kaca tembus pandang atau furniture multifungsi untuk membatasi ruangan tersebut.

Dan untuk pencahayaan serta sirkulasi udara, anda  bisa memilih jendela yang mempunyai bukaan yang besar. Selain mempunyai sirkulasi yang baik, cahaya yang dihasilkan jendela model ini dapat membuat ruangan terasa lega.

Demikian tips menata rumah tipe 21. Semoga anda mempunyai gambaran tentang rumah minimalis dengan model ini. Terima kasih