Monday, July 9, 2012

Tips Membuat Taman Rumah

Taman rumah sangat penting dalam sebuah rumah. Selain rumah menjadi asri dan hijau, dengan adanya taman, membuat udara menjadi segar. Dari penelitian taman rumah pun dapat memberikan efek yang sangat baik bagi kesehatan. Jadi, alangkah baiknya jika rumah yang sehat itu mempunyai taman yang indah dan terawat. Apakah di rumah anda sudah mempunyai taman?

Taman yang indah dan terawat mungkin menjadi pujaan bagi para penghuni rumah yang menginginkan keasrian dan kesehatan penghuni rumah. Pemandangan yang dihasilkan taman, apalagi taman tersebut terawat dengan baik dapat memberikan perasaan yang menyenangkan bagi orang yang melihatnya. Dan udara segar yang dihasilkan taman dapat membuat perasaan lebih tenang dan rileks. Mungkin dengan bertaman anda juga dapat menghilangkan stress dari pekerjaan.

Untuk membuat sebuah taman, anda tidak perlu memiliki lahan yang besar. Apalagi jika rumah anda itu mempunyai lahan yang sedikit. Anda bisa membuat taman di depan rumah, di belakang rumah, di pojok rumah, di samping rumah bahkan di dalam rumah pun bisa. Jadi taman dapat ditempatkan di mana saja asal tidak membuat aktivitas anda menjadi terganggu dan membuat lahan menjadi lebih sempit.

Untuk tanaman, banyak sekali jenis tanaman yang dapat anda gunakan untuk taman anda. Anda bisa menggunakan tanaman jenis Caladium linium, Yang Liyu yaitu tanaman untuk menghiasi tepi kolam, Calathea Majestic yaitu tanaman yang mempunyai daun yang berwarna hijau segar, dan lain-lain. Bunga dengan wangi-wangian yang menyegarkan misalnya mawar, melati, anggrek, kemuning, dan lain-lain. Andapun bisa menanam tanaman jenis buah-buahan dan sayuran dan ini sangat dianjurkan. Karena dengan menikmati buah-buahan hasil dari kebun sendiri dapat menghindari pupuk kimia dan pestisida untuk buah-buahan serta sayuran yang anda konsumsi. Dan tentu saja buah-buahan dan sayuran yang dihasilkan oleh taman anda jauh lebih sehat. Dan yang terpenting adalah taman tersebut mudah untuk dipelihara.

Dan yang terakhir adalah desain taman rumah anda. Anda bisa mendesain taman rumah anda dengan gaya kepribadian anda atau bisa menyesuaikan dengan tema dari rumah anda. Misalnya anda menyukai unsur air, anda bisa menambahkan taman rumah anda dengan: air mancur, kolam ikan, air terjun mini, dan lain-lain.

Banyak sekali manfaat yang dihasilkan oleh taman rumah. Untuk membuat sebuah taman yang asri dan hijau bukan dari harganya, yang terpenting adalah pemeliharaannya. Meskipun anda menanam tanaman yang harganya mahal sekalipun, akan percuma apabila tidak dirawat dengan baik. Dan kegunaan dari taman rumah pun akan sia-sia. Sekian tips membuat taman rumah dari saya. Semoga dengan adanya tips ini anda mempunyai gambaran tentang taman rumah. Terimakasih.